Cara Sederhana PMR Matsanewa (MTsN 1 Kota Malang) Peringati Hari Palang Merah Indonesia

 Cara Sederhana PMR Matsanewa Peringati Hari Palang Merah Indonesia

Reporter : Maryam Hidayah Masoodi (8I)
Inas Ahmada Sofi (8A)

Editor        : Charissa Farzana Y.P (8I)

MTsN 1 Kota Malang, 3 September 2023- Indonesia rutin memperingati tanggal 3 September sebagai Hari Palang Merah Indonesia. Palang merah indonesia atau PMI merupakan organisasi perhimpunan nasional di indonesia yang bergerak pada bidang sosial kemanusiaan. Pada Hari Palang Merah Indonesia tahun ini, Organisasi PMR MTsN 1 Kota Malang memiliki cara yang sederhana untuk memperingatinya.

Dalam wawancara eksklusif, wakil ketua PMR MTsN 1 Kota Malang, Aleza Kireina, menjelaskan bahwa tidak ada acara khusus dan untuk tahun ini peringatan dilakukan dengan cara yang sederhana. "Kita cuma ngadain poster aja, karena suatu hal dan waktunya ga cukup" ungkap siswi yang akrab dipanggil Aleza tersebut. Meskipun dengan sumber daya yang terbatas, semangat mereka untuk berpartisipasi dalam Hari PMI tetap tak tergoyahkan. PMR MTsN 1 Kota Malang memahami pentingnya peran mereka dalam mengingatkan keluarga besar MTsN 1 Kota Malang akan pentingnya kesehatan. 

Siswi kelas 8E tersebut juga menjelaskan tugas khusus PMI dan PMR. "Kalau PMI secara umum, tugasnya ada pelayanan donor darah, sukarela evakuasi korban bencana, kadang juga ada bakti sosial. Kalau PMR nya sendiri lebih banyak ke sosialisasi, kadang juga bantu pertolongan pertama ke temen-temen di MTs," ungkapnya. 

Ketika ditanya tentang penyesuaian tugas PMI dan PMR di lingkungan sekolah, Aleza menjelaskan bahwa mereka sering mengadakan edukasi kesehatan di media sosial. Selain itu, mereka juga berpartisipasi dalam upacara sekolah dan siap memberikan pertolongan pertama jika diperlukan. "Kita biasanya ajari cara penanganan luka-luka sederhana, terus ada edukasi penanggulangan bencana, dibantu sama pembina kita yang kerja di PMI juga," pungkasnya.


Saat ditanya mengenai harapannya untuk Hari Palang Merah Remaja ini, siswi berkacamata tersebut berharap agar anak-anak MTsN 1 Kota Malang lebih sadar akan pentingnya pola hidup bersih dan sehat. "Semoga anak-anak MTsN 1 Kota Malang sadar pentingnya pola hidup bersih dan sehat, terus kantin MTs makin higienis juga" ujarnya.

Selain itu, Ia juga berpesan agar PMI semakin sukses dan memiliki banyak relawan yang kompeten dan tak lelah mengingatkan semua orang untuk menjaga kesehatan. "Yang penting harus selalu jaga kebersihan, tidur yang cukup, dan jangan sering-sering jajan sembarangan. Sakit itu gampang, tapi sekalinya sakit, bisa habis biaya berjuta-juta bahkan miliar, makanya kalau kata orang sehat itu mahal" tutupnya.

Hari Peringatan Palang Merah Indonesia tahun ini adalah momen untuk mengingatkan pentingnya peran PMI dan PMR dalam masyarakat serta mengedukasi tentang kesehatan dan kebersihan.

#SelamatHariPalangMerahIndonesia2023

 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERISTIWA PENTING SEBELUM LAHIRNYA SUMPAH PEMUDA

Edukasi Taman Safari Prigen di MTsN 1 Kota Malang, Exited!