Edukasi Taman Safari Prigen di MTsN 1 Kota Malang, Exited!

 

Edukasi Taman Safari Prigen di MTsN 1 Kota Malang, Exited!

Reporter : Lana Nazahiah
Presenter: Intan Permata Rahmadhani

Malang, 27 September 2023 - MTsN 1 Kota Malang mendapatkan kunjungan yang spesial dari Taman Safari Indonesia Prigen dalam Program "Taman Safari Goes to School".

Para siswa/i sangat antusias atas kunjungan istimewa dari tim TSI (Taman Safari Indonesia). Acara ini bertujuan untuk mengedukasi siswa/i MTsN 1 Kota Malang tentang satwa-satwa yang berada di Indonesia.

Acara ini dibuka dengan sambutan Kepala Kementerian Agama Kota Malang, KH. Ahmad Shampton, S.Hi, M.Ag., melalui sambutannya, beliau menyampaikan, “Agama Islam sangat menjaga alam sekitar termasuk satwa-satwa dan semoga dengan adanya kunjungan ini anak didik kita bisa menyayanginya sesama makhluk hidup.”

Selain itu, Kepala MTsN 1 Kota Malang, Dra. Erni Qomaria Rida, M.Pd. juga menyampaikan harapannya dengan nada yang sama, “Kami berharap dengan adanya acara ini anak-anak dapat menjaga lingkungan dan makhluk hidup yang ada di sekitar kita.”

Acara dilanjutkan dengan Grand Opening dari Tim TSI yang membuat suasana semakin seru dan meningkatkan antusias siswa/i MTsN 1 Kota Malang. Dalam acara ini siswa/i diberikan beberapa pertanyaan dan bagi yang bisa menjawabnya dengan cepat dan tepat akan diberi kesempatan oleh tim TSI untuk memegang dan berfoto dengan hewan yang dibawa oleh tim TSI Goes to School. Selain itu, mereka juga akan diberikan berbagai hadiah seperti topi, kaos, boneka dll. Selama acara berlangsung, siswa/I diberikan edukasi tentang berbagai macam hewan berikut kebiasaan dan habitatnya.

Salah satu petugas dari Taman Safari Indonesia Prigen, Kak Denis, menyampaikan bahwa hewan yang dibawa tim TSI tergolong dalam hewan eksotis, “Hewan-hewan yang dibawa ke MTsN 1 Kota Malang merupakan hewan Eksotis seperti, Burung Makaw Yellow, Singa, Harimau. Tim TSI tidak membawa hewan yang berasal dari Indonesia karena rata-rata hewan dari Indonesia berstatus sebagai hewan yang langka. Sebelum acara Taman Safari Goes To School ada beberapa hal yang dilakukan, seperti penentuan tempat untuk satwa yang jauh dari kerumunan agar satwa tersebut nyaman. Dalam hal ini pihak sekolah harus membuat BAP (Berita Acara Pemeriksaan) untuk melihat tempat yang nanti akan digunakan untuk acara TSI Goes To School. Jadi ketika acara berlangsung satwa-satwa yang ditampilkan tidak kepanasan dan berada di tempat yang teduh. Selain itu, sebelum satwa-satwa dihadapkan dengan orang banyak, satwa-satwa diberikan pelatihan atau training terlebih dahulu untuk menghadapi kerumunan orang banyak,” pungkasnya.

Setelah acara selesai, Tim Jurnalistik Matsanewa menemui salah satu pendidik MTsN 1 Kota Malang,  Bapak Amirul Hasan, yang juga telah berperan aktif dalam menyukseskan acara tersebut. Beliau menyampaikan kesan dan harapannya atas terselenggaranya acara hari ini, “Excited, sangat mendukung untuk edukasi tentang satwa dan membantu dalam pembelajaran, bukan hanya teori saja yang diterangkan di dalam kelas, melainkan dapat melihat satwa-satwa secara langsung, dan dengan kita melihat objek hewan-hewan yang lucu dan unik, harapannya kita harus melestarikannya, menyayanginya, dan melindunginya.”

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERISTIWA PENTING SEBELUM LAHIRNYA SUMPAH PEMUDA

Cara Sederhana PMR Matsanewa (MTsN 1 Kota Malang) Peringati Hari Palang Merah Indonesia