Kajian

 

MALAM LAILATUL QODAR
By : Raisa Ulya Mustafavi

Haloo semua, apa kabar? Gimana puasa nya lancar enggak? Semoga lancar ya…. Nah di kesempatan kali ini aku bakal ngajak kalian buat mencari tau tentang malam lailatul qodar. Apasih malam lailatul qodar itu? Malam lailatul qodar adalah malam dimana pertama kalinya ayat Al Quran di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW dari Allah SWT melalui Malaikat Jibril daan biasanya malam lailatul qodar ini terjadi di 10 malam akhir Ramadhan. Malam lailatul qodar ini malam yang special lohhh tau enggak kenapa bisa special. Untuk itu yuk simak pembahasan kita kali ini yaitu keutamaan malam lailatul qodar.

Malam Diturunkannya Al Quran

Pada malam inilah Allah SWT menurunkan ayat ayat Al Quran untuk pertama kalinya yaitu Surat Al Alaq ayat 1 -5 kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril dari Lauhul Mahfuz ke Baitul Izzah. Al Quran diturunkan ke dunia ini untuk menjadi pegangan dan tentunya pedoman bagi Umat Muslim. Allah SWT berfirman dalam Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 185 yang artinya "(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)".

1.     Lebih baik dari 1000 bulan

Apabila kita melaksankan ibadah pada malam lailatul qodar maka amalan yang kita lakukan setara dengan 1000 bulan melakukan ibadah atau setara dengan 83 tahun 4 bulan. Hal ini dijelaskan dalam sabda Nabi Muhammad SAW yaitu “Sesungguhnya bulan Ramadhan ini telah menghampiri kalian. Dan di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang terhalang dari menjumpainya, maka sungguh dia telah terhalang dari seluruh kebaikan. Dan tidaklah terhalang dari menjumpainya kecuali orang-orang yang merugi." (HR. Ibnu Majah). Dan Al Quran suart Al Qadr ayat 1-3 "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam Qadar. Dan tahukah kamu apakah malam Qadar itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS. Al-Qadr : 1-3).

2.     Turunnya malaikat ke bumi

Pada malam lalailatul qodar malaikat akan turun ke bumi untuk mengaminkan doa yang dipanjatkan dan mencatat amalan yang dilakukan. "Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan." (Q.S Al-Qadr: 4).

3.     Diampuni segala dosa

Dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW bersabda

"Barangsiapa melakukan sholat sunnah (ibadah) pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan hanya mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (Muttafaq’alaih)

4.     Malam penuh berkah

Hal ini dijelaskan dalam Surat Ad Dukhan ayat 3-5 Allah berfirman

"Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul." (Q.S Al-Dukhan: 3-5)

5.     Malam ditetapkannya takdir

Allah SWT menentukan setiap takdir manusia entah takdir baik dan buruk. Nah barangsiapa yang melakukan ibadah pada malam lallatul qodar Allah akan mencatat sebagai takdir baik mereka Qur'an Surat Ad-Dukhan ayat 4.

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/tag/Ramadhan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERISTIWA PENTING SEBELUM LAHIRNYA SUMPAH PEMUDA

Edukasi Taman Safari Prigen di MTsN 1 Kota Malang, Exited!

Cara Sederhana PMR Matsanewa (MTsN 1 Kota Malang) Peringati Hari Palang Merah Indonesia